PAPAN CATUR
Papan catur terdiri dari 64 petak yang sama besarnya, dengan warna petak
berganti-ganti hitam-putih-hitam-putih. Cara meletakan papan catur
seperti gambar diatas, dan menurut ketentuan F.I.D.E ( Federation
Internationale Des Echecs = Peraturan Federasi Catur Internasional )
petak putih terletak sebelah kanan pemain ( petak h1 dan a8, sedangkan
petak hitam terletak disebelah kiri pemain ( petak a1 dan h8 ), yang
saya maksudkan disini ialah petak sudut…. Saya pernah lihat kejuaran
tingkat kecamatan ,mereka mengadakan kejuaraan catur…papan caturnya
dibikin dari triplek…eh..saya lihat letak papan caturnya asal-asal
aja…ada petak hitam sebelah kanan dan ada juga petak putih..ya amburadur
dong….nah moga anda nggak melakukan kesalahan yang sama.
LAJUR = sederetan petak-petak dengan warna selang-seling yang membujur
dari hadapan kita kearah lawan petak A,B,C sampai H ( lihat gambar ),
contoh petak a1.a2.a3.a4.a5.a6.a7 dan a8 ( ini dinamakan lajur A )
BARIS =sederetan petak-petak sama seperti lajur tetapi membelintang dari
kiri ke kanan ,yaitu baris 1,2,3 sampai 8 ( lihat gambar ), contoh
petak a3,b3,c3,d3,e3,f3,g3 dan h3 ( ini dinamakan baris 1 )
DIAGONAL = sederetan petak-petak yang sama warnanya ,contohnya petak a1,b2,c3,d4,e5,f6,g7 dan h8
NAMA-NAMA PETAK DI PAPAN CATUR..lihat aja gambar diatas ada petak
a1,a2,a3 dsb..e1,e2,e3 dsb ( setiap petak terdiri dari kombinasi huruf
dan angka )
NAMA BUAH CATUR
K = King = Raja = R ( 1 buah ) terletak ditengah (kalo 2 buah lama beud menang nya)
Q = Queen = Menteri = M ( 1buah ) terletak ditengah dekan dengan Raja (kalo lbih dr 1 pastinya gampang maenin nya)
B = Bishop = Gajah = G ( 2 buah ) terletak disisi Menteri dan disisi Raja
N = Knights = Kuda = K ( 2 buah ) terletak disisi Benteng
R = Rook = Benteng = B ( 2 buah ) terletak di petak pinggir
P = Pawn = Bidak ( 8 buah ) lihat gambar
CARA LANGKAH MASING-MASING BUAH CATUR
Aduh …gimana cara menerangkannya ya..ngak ada papan peraga sih…saya coba
aja terangkan dengan kata-kata..mudah-mudahan bro sekalian bisa
mengerti..
Raja jalannya satu-satu langkah, kemana aja boleh kiri/kanan/atas/miring..ingat hanya satu langkah (nilai = infinite)
Menteri jalannya seperti X ( kali ) dan + ( tambah )
atas/bawah/kiri/kanan/miring kanan atas/miring kiri atas/miring kanan
bawah/miring kiri bawah, boleh dekat dan jauh…yang nggak boleh meloncati
buah lain (nilai = 9)
Benteng jalannya seperti + ( tambah ) atas/bawah/kiri/kanan, boleh dekat dan jauh…ngak boleh meloncati buah lain (nilai = 5)
Gajah jalannya seperti x ( kali ) miring kanan atas/miring kiri
atas/miring kanan bawah/miring kiri bawah, boleh jauh dan dekat..ngak
boleh melompati buah lain (nilai = 3)
Kuda jalannya seperti huruf L, bigini cara menjalankannya = maju dua
petak lalu belok kiri atau kanan satu petak = mundur dua petak lalu
belok kiri atau kanan satu petak = kekiri dua petak lalu keatas atau
kebawah satu petak = kekanan dua petak lalu keatas atau kebawah satu
petak….cara gampangnya ingat aja huruf L…dan kuda boleh melompat buah
lainnya, contohnya kuda yang petak awalnya di b1 bisa dilangkahkan
kepetak a3 atau c3 (nilai = 3)
Bidak jalannya lurus kedepan satu petak dan ngak boleh mundur, khusus
untuk Bidak yang belum pernah jalan boleh melangkah dua petak kedepan (
tergantung keinginan kita, ingin dijalan kan satu langkah atau dua
langkah kedepan )tetapi untuk selanjutnya hanya satu petak aja ke
depan….bidak yg belum pernah jalan artinya dia masih berada pada posisi
awal ( lihat aja gambar diatas tu..Bidak belum lagi jalan ) (nilai = 1)
Nilai yg saya maksud tuh nilai tukar... Misal : klo Menteri (9 point)
anda dimakan lawan, tp anda dapat 2 benteng sebagai gantinya (masing 2
nilainya 5)... Mungkin anda masi tetep unggul dlm permainan...Gitu
lo..:piss:
CARA MAKAN : Raja, Menteri ,Benteng, Gajah dan Kuda cara makannya sama
dengan langkahnya….nah sekarang cara makan ( pukul )buah lawan ,
letakkan buah kita dipetak tempat buah lawan “duduk” dan buah lawan
tersebut keluarkan dari papan…gampang khan !!
o iya...Khusus untuk Bidak cara makannya beda sama jalannya, kalau
jalannya satu petak kedepan dan makannya miring kekiri atau kekanan satu
petak tetapi tetap maju ya…contohnya Bidak di petak d2 jalannya ke
petak d3 atau d4, tetapi kalau mau makan bidak dipetak d2 dijalankan ke
petak c3 atau petak e3
Oke deh ! moga bro sekalian mengerti dengan uraian diatas..klo anda belum ngerti..ulang terus bacanya sampai anda paham…:hahai:
Yup..Sekian untuk posting belajar catur kali ini
Ini ada beberapa tambahan untuk langkah istimewa...
LANGKAH ISTIMEWA
kita telah mempelajari cara melangkah atau memukul setiap buah catur.
Terapi semua itu baru mengaaangkut langkah yang umum. Masih ada beberapa
lalngkah istimewa yang juga penting diketahui. Terutama yang
berhubungan dengan bidak dan Raja.
1) Memukul “en passant”
Salah satu keistimewaan langkah bidak ialah memukkul “en passant” ( baca : ang pasang) atau memukul “sambil lalu”.
Ketentuaannya demikian : bila satu bidak melangkah dua petak sekaligus
ke depan dan melewati lawan, maka bidak lawan dapat memukul bidak itu
seolah-olah bidak tadi hanya dimajukan selangkah saja. Lihat contoh di
bawah
http://www.logicalchess.com/info/reference/rules/rulescep.gif
jika pion hitam melangkah ke titik X, maka pion putih yg berada dalam
posisi demikian bisa memakan pion hitam dan berpindah ke titik ep
Demikian ketentuan mengenai pukulan “en passant”.
2) promosi bidak
Kita sudah mengenal cara bidak melangkah, yaitu lurus ke depan. Kalau
memukul buah lawan maka jalannya menyerong ke kiri atau ke kanan,
seperti huruf V. bidak tidak boleh mundur. Bagaimana jika bidak itu
sampai pada baris terakhir perjalannannya?
Bidak yang sudah mencapai baris terakhir harus naik pangkat. Atau dengan
istilah catur yang populer : Promosi. Bidak itu tidak boleh tetap
menjadi bidak. Dia harus segera diganti dengan salah satu perwira
seperti Menteri, Benteng, Gajah atau Kuda yang sama warna dengan bidak
itu (pastinya mau jd Mentri lah yg powerful:hahai:). Bidak tidak boleh
menjadi Raja. Raja setiap pemain hanya ada satu sejak awal sampai akhir.
saya rasa uda pada tau deh aturan yg satu ini...
Tujuan permainan :
http://nomm.com/Stills/images/CheckmateD.jpg
Tujuan permainan catur ialah menangkap Raja lawan. Raja lawan tidak
boleh dipukul atau dimakan. Raja hanya boleh diserang atau dikepung
sehingga tidak bisa lari atau diselamatkan lagi.
Bila Raja itu sudah tidak dapat menghindar dari ancaman, maka berarti
Raja itu sudah tertangkap. Pihak yang mengkap Raja itu keluar sebagai
pemenang.
Syah atau Sekak
Kalau Raja diserang oleh buah lawan, maka dikatakan Raja itu kena syah
atau sekak. Serangan terhadap Raja harus segera ditangkis. Ada tiga cara
untuk menangkis sekak itu.
1. Memukul atau memakan buah lawan yang melakukan sekak itu dengan buah sendiri.
2. Melarikan Raja dari arah serangan buah lawan.
3. Menutup arah serangan buah lawan dengan buah sendiri. .
Nah klo skak nya uda ga ada obat nya lg (raja nya uda ga bisa kemana
mana), nama nya skak mat...Contoh
:http://www.chessclub.com/resources/rules/images/Checkmate1.gifPutih
menang..
pastinya temen 2 uda pada tau aturan yg satu ini...deh
Rokade...
mungkin temen 2 masi ada yg blom tau tentang rokade ini... istilah asing nya (castling queen side)...
http://www.chesslines.com/wp-content/uploads/2009/05/castling.jpg
Rokade (Castling) adalah menggerakkan dua buah biji catur sekaligus
yaitu raja dan benteng dimana dalam melakukan rokade hanya diizinkan
sekali saja
Mekanisme rokade cukup sederhana, yaitu:
1. Gerakkan raja ke arah benteng
2. Gerakkan benteng raja dari sebelah kanan raja ke sebelah kiri raja.
Gerakan ini ditandai dengan 0-0…….Sedangkan rokade dari sayap mentri
ditandai dengan 0-0-0
Pemain tidak dapat melakukan rokade apabila
1. Raja dalam keadaan diancam skak
2. Raja sudah melakukan gerakan sebelumnya
3. Benteng yang akan di-Rokade sudah melakukan gerak sebelumnya
4. Buah catur lawan mengancam petak yang akan ditempati Raja dalam Rokade (petak c1 atau g1 untuk putih, c8 dan g8 untuk hitam)
5. Buah catur lawan mengancam petak d1 atau f1 yang akan dilewati Raja pada waktu Rokade (untuk hitam d8 dan f8)
6. Buah catur lawan berada pada petak antara Raja dan Benteng yang akan di-Rokade-kan
7. Buah catur kawan sendiri berada antara Raja dan Benteng yang akan di-Rokade-kan
wah ternyata cukup banyak ya syarat rokade…..tapi mudah untuk dipahami kan…..??:piss:
Aturan Seri
keadaan seri dalam catur bisa juga disebut remis...Remis/Seri adalah
apabila dalam permainan itu dicapai suatu tahap tanpa keputusan, tidak
menang dan tidak kalah
Ada dua aturan yang memungkinkan permainan catur diakhiri dengan remis:
1. Aturan “50 langkah”, artinya jika permainan telah melewati 50 langkah
dan belum terjadi pemukulan serta gerakan bidak, salah satu pemain
dapat mengajukan remis
2. Jika suatu posisi tertentu diulang sebanyak 3 kali
Dalam permainan sesungguhnya kedua aturan di atas jarang ditemukan. Pada
umumnya remis terjadi karena skak abadi, pat dan materi yang sudah
tidak mencukupi untuk permainan sampai mat
Remis merupakan hasil draw untuk permainan catur, ditandai dengan skor ½ – ½
Bentuk-bentuk remis dalam permainan catur adalah sebagai berikut.
1. Stalemate
bangunan dimana tidak ada lagi perwira lain selain raja, dan tidak ada
lagi langkah yang sah untuk raja.... contoh
:http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/61/Stalemate_chess.png
2. Pat (jalan buntu)
suatu keadaan dimana Raja berada dalam tidak keadaan skak tetapi Raja
dan buah/biji lainnya juga tidak dapat dilangkahkan secara sah...
3. Kurang materi (insufficient material), misalnya:
- Raja vs Raja
- Raja Kuda vs Raja
- Raja Gajah vs Raja
- Raja dua Kuda vs Raja
4. Rangkaian langkah berulang atau mencapai posisi tertentu sebanyak tiga kali (threefold repetion)
Yup sekian The Rule Of Chess bagi yg blom tau sama se x....(pro- beginner):panda:
HIKMAH DIBALIK CATUR :
Manfaat Bermain Catur
Penelitian di berbagai negara, membuktikan bahwa permainan catur adalah
sarana yang menyenangkan bagi anak-anak untuk mengembangkan kepribadian.
Karena dengan bermain catur berarti melatih otak kanan dan kiri,
melatih kepercayaan diri, kedisiplinan, kesabaran, daya tahan, serta
keterampilan membuat rencana, strategi, dan pengambilan keputusan yang
tepat dalam waktu terbatas.
Banyak orang memandang permainan catur sangat membosankan. Gimana
tidak??? Bayangkan…, gak ada sporter apalagi cheerleader atau umbrella
girl, sepanjang permainan pemainnya hanya diem-dieman dan asik dengan
pikirannya masing-masing, gak ada body contact, gak ada genderang atau
trompet penyemangat pertandingan dan masih banyak lagi alasan yang
membenarkan klo catur itu memang membosankan. Tapi jangan pernah
pertanyaan itu anda tanyakan kepada para pemain/atlit dan
penggemar/hobier-hobier catur. Maka jawaban yang anda dapat pasti
bertolak belakang dengan pendapat sebelumnya. Permainan Catur itu sangat
sangat…sangat mengasyikan. Meski tanpa umbrella girl, cheerleader
maupun sporter yang menyemangati bahkan gak ada penontonya sekalipun….. ,
mereka bisa bertahan sampai berjam-jam. Benar-benar permainan yang
aneh!!!! Di sini aku gak mo bicarakan mengapa orang bisa bertahan
berjam-jam melototi balok-balok kayu bisu diatas papan segiempat
hitam-putih yang disebut catur itu, tapi aku mo coba ngebahas tentang
filosofi yg terkandung di dalam permainan catur yang mungkin bisa kita
terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam catur sudah diatur bagimana pergerakan dari bidak-bidaknya,
misalnya pion hanya bisa bergerak maju (langkah petama boleh 2 petak
setelah hanya boleh 1 petak), menteri/peluncur bergeraknya miring, kuda
geraknya menyerupai huruf “L”, Benteng bisa 4 arah tapi tidak bisa
miring, ster/patih bisa gerak arah mana aja dan raja/ratu bisa gerak
segala arah tapi hanya 1 petak setiap langkah.
"Dalam kehidupan…..setiap orang mempunyai peran dan cara hidup
masing-masing yang terikat dalam aturan-aturan, baik yg dibuat Tuhan
maupun oleh manusia sendiri. So….ikuti aturan dan pahami benar-benar apa
peran yang sedang kita mainkan serta seyogyanya kita tahu apa yang
seharusnya kita kerjakan."
Dalam catur sebelum memulai permainan kita sudah menentukan cara
bermain….. bertahan atau menyerang. Namun terkadang ditengah jalannya
permainan ada kalanya kita ubah cara bermain kita karena adanya
perubahan situasi dan posisi permainan. Tetapi tujuan tidak pernah
berubah yaitu tetap mempertahankan raja kita agar tidak mati atau
minimal bisa remis
"Dalam kehidupan…..sedari awal kita harus tetap focus pada tujuan yang
telah kita tetapkan dan bagaimana cara meraihnya. Jika ada perubahan
situasi dan kondisi dalam kehidupan kita, maka yang perlu kita sesuaikan
adalah caranya bukan tujuannya. Tujuan bisa kita rubah jika memang
tidak ada cara lain lagi untuk meraihnya (jika tidak mungkin menang maka
remis-lah yg kita usahakan)."
Dalam catur setiap langkah yang kita buat harus kita perhitungkan
benar-benar dan harus selalu mengandung tujuan yang jelas tanpa
mengabaikan posisi sendiri ataupun lawan. Pendek kata, tanpa perhitungan
yang matang dan tujuan yg jelas maka langkah yang kita buat akan
menjadi sia-sia bahkan bisa menjadi blunder yg berujung pada kekalahan.
"Dalam kehidupan…. memperhitungkan setiap gerak-langkah kita dengan
tujuan yg jelas tanpa melupakan kondisi sendiri dan keadaan sekitar
harus senantiasa kita lakukan agar bisa berakhir dengan kemenangan."
Dalam catur kita tidak boleh lengah, apa lagi meremehkan lawan. Meski
secara kuantitas jumlah bidak kita lebih banyak dan posisi sudah mau
memenangkan permainan tetapi kalo kita ceroboh dan tidak focus maka
kesalahan dan kecerobohan akan bisa dimanfaatkan lawan untuk mengambil
alih atau merubah jalannya permainan. Karena, lawan akan berpikir lebih
keras jika posisinya terdesak dan berusaha melepaskan diri dari
keterdesakannya sehingga jika kita tidak focus dan bertindak ceroboh
maka kemanangan yang sudah hampir ditangan akan musnah.
"Dalam kehidupan….kita tidak boleh bertindak ceroboh dan seenaknya
sebelum tujuan benar-benar tercapai. Tetap focus setiap saat dan jangan
biarkan situasi/kondisi disekeliling kita mengubah track yang sudah kita
bangun susah-susah dalam meraih tujuan. Kekayaan dan kepintaran yang
kita miliki bisa mempermudah dalam meraih tujuan hidup tetapi jika kita
tidak bijaksana dan salah menggunakan kekayaan dan kepintaran yang kita
miliki maka kehancuran yang akan kita dapat."
Dan satu lagi….., pion meski kadang hanya dipandang sebelah mata dan
sering diremehkan perannya dalam permainan, tapi pada saatnya pion bisa
berubah dan menjadi apa saja jika selamat melangkah dibatas akhir
pertahanan lawan.
“Jangan pernah meremehkan orang meski orang tersebut Nobody”
ASAL USUL CATUR
Permainan catur menurut Wikipedia pertama kali ditemukan di masyarakat
Persia dan Arab. Kata 'catur' itu sendiri berasal dari kata
'chaturanga,' yang dalam bahasa Sanskrit berarti 'empat divisi
ketentaraan.'
Catur kemudian menyebar ke seluruh dunia dengan pelbagai varian permainan sampai kemudian kita kenal seperti sekarang.
Permainan ini awalnya menyebar sampai ke Timur Jauh dan India dan
menjadi salah satu pelajaran di keluarga kerajaan dan ningrat Persia.
Pemuka agama Budha, pedagang yang lalu-lalang di Jalan Sutra mulai
memperkenalkan papan catur untuk permainan ini.
Chaturanga masuk ke Eropa melalui Kejaraan Byzantine Persia, dan
menyebar ke Kekaisaran Arab. Pemeluk agama Islam kemudian membawa catur
ke Afrika Utara, Sisilia, dan Spanyol pada abad ke-10.
Permainan ini kemudian menjadi populer di Eropa. Dan, pada akhir abad
15, permainan ini lolos dari daftar permainan yang dilarang Gereja. Pada
abad modern mulai lahir buku-buku referensi catur, kemudian penggunaan
jam catur, serta sejumlah aturan permainan dan pemain-pemain hebat.
India
Asal-usul catur modern semula dikenal dengan nama Charuranga, yang
berkembang di India pada abad ke-6. Sejak awal permainan ini sudah
memperkenalkan dua pihak yang bermain, perbedaan buah catur dengan
kekuataan yang berbeda, dan kemenangan tergantung pada buah terakhir,
atau dalam catur modern ditandai dengan tumbangnya sang raja. Dalam
catur kuno, papan catur memiliki 100 kotak atau malah lebih.
Pada awal abad 19, sebuah pendapat disampaikan Kapten Hiram Cox dan
Duncan Forbes bahwa dulu catur dimainkan 4 orang sekaligus, termasuk
empat pemain dalam chaturanga.
Dalam terminologi sanskrit, "Chaturanga" berarti "memiliki empat bagian"
dan dalam puisi epos kepahlawanan kata itu juga berarti "tentara." Nama
itu sendiri bersumber dari sebuah formasi pertempuran dalam epos
Mahabrata yang terkenal di India. Chaturanga adalah sebuah simulasi
permainan perang guna memperlihatkan kekuatan strategi militer India
saat itu.
Ashtāpada, kotak 8 x 8 di sebuah papan merupakan tempat bermain
Charuranga. Papan lain yang dikenal di India adalah Dasapada 10 x 10 dan
Saturankam 9 x 9.
Ilmuwan Arab Abu al-Hasan 'Alī al-Mas'ūdī memberi rincian tentang
penggunaan catur yakni sebagai sebuah alat strategi militer, matematik,
perjudian dan terkadang dihubungkan dengan ramalan nasib di India dan
tempat lainnya. Catatan Mas'ūdī juga menunjukkan Ivory di India
merupakan daerah produsen alat permainan catur untuk pertama kali,
menyebarkan serta memperkenalkan permainan ini dari Persia ke India
semasa Kerajaan Nushirwan.
Kemudian terjadi evolusi pada permainan chaturanga yang dikenal dengan
nama Shatranj (chatrang), yakni sebuah permainan dua orang pemain yang
kekalahan dan kemenangan ditentukan melalui pembersihan terhadap semua
bidak lawan (kecuali raja) atau melalui penaklukan terhadap raja lawan.
Posisi pion dan kuda tidak berubah, tapi bidak lain mengalami perubahan
bentuk.
Timur Tengah
http://inchesswetrust.files.wordpress.com/2008/02/258px-lewis_chessmen_overview.jpg
Karnamak-i Ardeshir-i Papakan, seorang pendiri Kekaisaran Sassanid
Persian di Irak memperkenalkan permainan chatrang sebagai salah satu
cara agar rakyat mengenangnya sebagai seorang pahlawan legendaris.
Catatan tertua tentang permainan ini dibuat pada abad ke-10 yakni notasi
permainan antara seorang sejarawan Baghdad dan muridnya.
Pada abad ke-11, Ferdowsi menuturkan seorang Raja datang dari India
untuk melakukan pertandingan di papan catur. Kisah ini diterjemahkan
dalam Bahasa Inggris berdasar manuskrip British Museum.
Suatu hari seorang duta besar Raja Hindu datang ke persidangan Persia di
Chosroes, dan setelah berbasa-basi, duta besar itu mempersembahkan
sebuah papan catur yang terbuat dari kayu eboni dan gading.
Ia lalu melontarkan tantangan: "Oh raja yang besar, temukanlah
orang-orang terpandai dan terbijak untuk memecahkan misteri permainan
ini. Jika mereka berhasil sesembahan kami Raja Hindu akan memberikannya
gelar. Namun jika ia gagal hal itu membuktikan tingkat kepandaian
penduduk Persia lebih rendah dan kami akan meminta petunjuk dari Iran."
Utusan itu kemudian menunjukkan papan catur yang ia bawa. Sehari
kemudian, setelah berpikir keras, Buzurjmihir, berhasil memecahkan
misteri itu dan kemudian mendapat gelar seperti yang dijanjikan.
Eropa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrX23VoFFlknvsK_saUjBVGGpypW9t0y_isnHspzWoeBLXsmNU0ZJZkWgFpW-DbwVK4B-wUzTm3Mv9M7tUUosM1iCWqTaBrQ9Gmj73sFwC0mZlcW8wUMoA8562Lo1ISWS9R5Nbi61rBTU/s320/800px-KnightsTemplarPlayingChess1283.jpg
Variasi charunga masuk ke Eropa melalui Persia, seiring penyebaran
pengaruh Kerajaan Byzantine dan perluasan Kekaisaran Arab. Catur masuk
ke Eropa Selatan pada akhir milenium pertama.
Terkadang catur juga dibawa oleh pasukan yang menduduki tanah jajahan
baru, seperti saat Normandia memasuki wilayah Inggris. Catur semula
kurang populer di Eropa Utara –yang tak terbiasa berpikir abstrak— namun
perlahan-lahan menjadi populer saat bidak figuratif dikenalkan.
Nilai sosial menjadi kelebihan permainan ini –pada masa lalu permainan
ini dikaitkan dengan kehormatan dan kebudayaan tinggi— sehingga beberapa
papan catur dibuat dari bahan istimewa dan berharga mahal. Popularitas
catur melemah di masyarakat Barat antara abad 12 sampai 15 M. Saat itu
buku catur biasanya ditulis dalam bahasa Latin.
Pada perkembangannya catur kemudian dihubungkan dengan gaya hidup
ksatria Eropa. Peter Alfonsi dalam bukunya Disciplina Clericalis,
memasukkan catur ke dalam tujuh keahlian yang harus dimiliki seorang
ksatria.
Simbol-simbol perwira dan ketentaraan mulai masuk dalam catur. Raja
Henry I, Raja Henry II dan Raja Richard I dari Inggris merupakan patron
catur masa itu. Kerajaan lain yang menaruh perhatian serius pada
permainan ini adalah Raja Alfonso X Spanyol dan Raja Ivan IV dari Rusia.
Saat gereja mengeluarkan larangan terhadap berbagai permainan di
masyarakat, catur lolos dari daftar hitam. Santo Peter Damian
mengumumkan permainan ini menjauhkan dampak buruk bagi masyarakat.
Bishop Florence itu membela permainan ini karena melibatkan keahlian
serta "tidak seperti permainan lainnya."
Pada abad ke 12, buah catur mulai tetap, menjadi raja (king), ratu
(queen), gajah/patih (bishops), kuda (knights) dan benteng (rooks).
Bidak/pion (pawn) mulai dihubungkan dengan pasukan infantri.
Perbandingan terminologi catur menurut Sanskrit, Arabic, Latin dan English
Sanskrit Arabic Latin English
Raja (King) Shah Rex King
Mantri (Minister) Firz Regina Queen
Gajah (war elephant) Al-Phil Episcopus Bishop/Count/Councillor
Ashva (horse) Fars Miles/Eques Knight
Ratha (chariot) Rukh Rochus Rook
Padati Baidaq Pedes Pawn
Pada abad pertengahan, permainan ini berjalan lama, bahkan ada permainan
yang baru selesai setelah diadakan berhari-hari lamanya. Peraturan
tentang pembatasan waktu baru mulai diperkenalkan tahun 1.300. Aturan
pion/bidak boleh melangkah dua bidak saat pertama kali melangkah juga
diperkenalkan.
Pada tahun 1.475 terjadi evolusi permainan catur. Mulai diperkenalkan
konsep langkah Ratu –buah yang paling kuat—serta mulai diperkenalkan
konsep promosi pion yang bisa berubah menjadi ratu. Gajah perang dalam
chatunga juga berubah istilah menjadi bishop. Dengan demikian skak mat
menjadi lebih mudah di permainan ini dan mengurangi secara drastis
langkah-langkah yang diperlukan.
Seorang pemain Italia, Gioacchino Greco, tercatat sebagai pecatur
profesional pertama dalam sejarah permainan ini. Ia menulis buku catur
dan menampilkan beberapa komposisi permainan serta analisis catur. Karya
ini membuat catur menjadi permainan populer serta mulai menunjukkan
teori, taktik dan strategi permainan ini.
Karya pertama yang memuat berbagai variasi dan kombinasi kemenangan
ditulis oleh François-André Danican Philidor dari Prancis. Ia menunjukan
permainan catur terbaik selama 50 tahun terakhir dan buku itu
dipublikasi pada abad 18. Bukunya berjudul L'Analyze des échecs (Analisa
Catur), sebuah buku berpengaruh hingga dicetak ulang sampai 100 kali.
Era Modern
Kompetisi catur mulai digelar tahun 1.834 dan tahun 1.851 Turnamen Catur
London mulai mengenalkan pembatasan waktu bagi setiap pemain.
Dalam catatan pertandingan seorang pemain terkandang menghabiskan waktu
hingga berjam-jam untuk menganalisa satu langkah. Tapi di turnamen catur
London seorang pecatur hanya diperbolehkan menghabiskan waktu 2 jam 20
menit untuk mengambil satu langkah.
Pada perkembangannya, mulai diperkenalkan catur cepat: catur 5 menit.
Namun yang populer adalah aturan dua jam bagi setiap pecatur untuk
melangkah sebanyak 30 kali. Pada varian akhir, seorang pemain yang gagal
memenuhi kewajiban itu akan mendapat penalti.
Di tahun 1.861 turnamen catur dengan pembatasan waktu mulai dimainkan di
Bristol, Inggris. Alat waktu yang digunakan adalah jam pasir.
Jam catur modern dengan dua tombol lalu ditemukan untuk memudahkan
permainan ini. Seorang pemain bisa menghentikan jarum jamnya saat ia
selesai melangkah. Jam catur yang dilengkapi tanda –bendera jatuh-- bagi
pemain yang melampaui batas waktu sudah mulai dikenal pada akhir abad
19.
Berita sekilas tentang :
Gary Kasparov
http://www.tomgrossmedia.com/img/EM_add8.jpg
http://www.chesscomputeruk.com/assets/images/Garry_Kasparov_with_Concord_and_Explorer_70x70.JPG
Gary Kasparov
Garry Kasparov lahir dengan nama Gari Weinstein di Azerbaijan dengan
orang tua keturunan Armenia-Yahudi. Ia mulai serius mempelajari catur
sejak usia dini... Saat usia 12 tahun, ayahnya meninggal, dan sejak saat
itu ia mulai ngegunain nama keluarga ibunya... Ibunya, Klara adalah
seorang wanita Armenia dengan nama keluarga Kasparian, yang dalam dialek
Rusia disebut sebagai "Kasparov".
Garry Kasparov menjadi terkenal di dunia catur saat menyandang gelar
grandmaster termuda di dunia pada jamannya. Debutnya dimulai pada tahun
1984 saat menantang juara dunia saat itu Anatoly Karpov dalam
pertandingan catur paling kontroversial sepanjang sejarah...
Saat mulai bertanding, Kasparov sempat tertinggal 4-0 dalam sebuah
turnamen Catur pemenang yang terlebih dahulu mencapai angka 6 dinobatkan
sebagai juara. Dalam pertandingan catur, satu kemenangan diberi nilai 1
sementara seri atau remis dan kalah tidak memperoleh nilai.
Pertandingan Catur Dunia tahun 1984 ini menjadi menarik, karena
sekalipun sempat tertinggal, Kasparov berhasil mendekati Karpov setelah
melewati tujuh belas kali remis. Beberapa pertandingan selanjutnya,
Kasparov memenangi dua pertandingan sehingga kedudukan menjadi 5-3 untuk
keunggulan sementara di pihak Karpov. Pertandingan selanjutnya
dihentikan oleh ketua FIDE saat itu, Florencio Campomanes dengan alasan
stamina kedua pemain telah sangat menurun.
Bobby Fischer
Pada usia 13 tahun, Bobby Fischer berhasil mengalahkan master
internasional (MI) Donald Byrne. Pertarungan melawan Byrne itu kerap
disebut “petarungan abad ini”, karena langkah kemenangan Fischer sangat
menakjubkan untuk anak seusia itu. Di Amerika belum ada yang menyamai
rekornya: delapan kali menjadi pemenang US Championship. Tragisnya,
Fischer bukan termasuk murid pandai di sekolahnya. Bahkan, pada 1959 ia
dikeluarkan dari Erasmus Hall High School, Brooklyn.
Kalangan catur menilai, kekurangannya di sekolah itu bukan berarti ia
murid bodoh. Mereka yakin, “kebodohan” itu hanyalah akibat kecerdasannya
yang jauh di atas rata-rata, yang kerap membuat Bobby Fischer bosan,
atau tak peduli, pada pelajaran sekolah. Ketika itu, ia masih tinggal
bersama ibu dan kakak perempuannya di kawasan Brooklyn. Regina, ibunya,
kala itu berperan sebagai orang tua tunggal. Gaya hidup perempuan
keturunan Yahudi sekuler ini sungguh berlawanan dengan Fischer.
http://pecaturjogja.files.wordpress.com/2009/08/bobby_fischer_07.jpg
Tidak ada catur dalam kamus sang ibu. Hanya gaya Bohemian dengan aliran
politik kiri dan gerakan sosial yang menarik hatinya. Inilah yang kerap
membuat hubungan Bobby Fischer dengan ibunya sangat renggang. Itu pula
pasalnya, begitu namanya mulai melesat sebagai pemain catur, Fischer
memutuskan hidup berpisah dari sang ibu. Genap tiga tahun setelah keluar
dari sekolah, pada 1962, ia mulai hidup sendiri, tinggal di apartemen
keluarga. Ibu dan kakak perempuannya boyongan ke tempat lain.
Sejak saat itulah ia dapat berkonsentrasi penuh pada catur. Tercatat, 14
jam sehari ia berlatih atau membaca buku dan majalah catur. Kala itu,
ia mengoleksi tak kurang dari 200 judul buku dan ratusan majalah catur
asing yang terserak-serak di lantai apartemennya. Malah, di sisi tiga
ranjangnya ada papan catur yang buah-buahnya masih bertahan dalam posisi
tertentu. Juga tiga papan tulis yang tergantung yang tergantung di
dekat meja caturnya. Unik, memang, Bobby Fischer memiliki tiga ranjang
dan selalu tidur berpindah-pindah, mengikuti langkah buah catur yang ia
mainkan. :)
Pada 1962, dalam Candidates Matches di Curacao, Karibia, Bobby Fischer
dikalahkan pecatur Uni Soviet berdarah Armenia, Tigran Petrosian. Ia
merasa terpukul. Langkahnya untuk segera maju ke kejuaraan dunia kandas.
Sebab, pertarungan di Curacao itu merupakan penentuan masuk-tidaknya
namanya dalam daftar kandidat peserta kejuaraan dunia. Sejak saat itu,
ia menarik diri dari berbagai turnamen internasional selama beberapa
tahun. Ia hanya bermain di Amerika Serikat.
Di kemudian hari, pada 1971, namanya masuk sebagai kandidat, sampai
akhirnya ia merebut gelar juara dunia pada 1972 dengan mengalahkan Boris
Spassky. Dalam kurun masa absen dari turnamen internasional, kehidupan
Bobby Fischer pernah berubah total. Ia sempat jatuh miskin, bahkan tak
mampu lagi sekedar membayar tagihan telepon. Ia tinggal
berpindah-pindah, menumpang sana-sini, dari satu apartemen ke apartemen
lain kawannya.
Grandmaster termuda
http://pecaturjogja.files.wordpress.com/2009/07/gm-wesley-so.jpg
Agaknya tak banyak yang tahu siapa pecatur asal Filipina yang membuat
Grand Master (GM) asal Indonesia, Susanto Megaranto (21), kelimpungan di
Japfa Chess Festival, di Gedung Pyramid, Senayan, bulan April lalu.
Ya, dalam pertandingan enam babak itu, Susanto kalah 2-4 oleh So. Bahkan
pada tiga babak pertama Susanto kalah berturut-turut 0-3 oleh GM Wesley
So.
GM Wesley So memang nama baru di dunia catur. Publik Indonesia mungkin
lebih mengenal GM Eugenee Torres asal Filipina. Benar, Wesley So baru
membuat debut akhir tahun lalu.
Bocah ajaib kelahiran 9 Oktober 1993 ini memang memperoleh norma GM
terakhirnya tanggal 7 Desember 2007. Ini menempatkan nama Wesley So
dalam urutan 7 pecatur termuda dunia yang memperoleh gelar GM-nya
sebelum ulang tahun ke 15.
Daftar Pemain Peraih GM Termuda Dunia:
1. Sergey Karjakin (Ukraina): 12 tahun 7 bulan
2. Parimarjan Negi (India): 13 tahun 4 bulan 22 hari
3. Magnus Carlsen (Norwegia): 13 tahun 4 bulan 27 hari
4. Bu Xiangzhi (China): 13 tahun 10 bulan 13 hari
5. Teimour Radjabov (Azerbaijan) 14 tahun 14 hari
6. Ruslan Ponomariov (Ukraina) 14 tahun 17 hari
7. Wesley So (Filipina): 14 tahun 1 bulan 28 hari
8. Etienne Bacrot (Prancis): 14 tahun 2 bulan
9. Maxime Vachier-Lagrave (Prancis): 14 tahun 4 bulan
10. Péter Lékó (Hungaria): 14 tahun 4 bulan 22 hari
11. Yuriy Kuzubov (Ukraina): 14 tahun 7 bulan 12 hari
12. Nguyen Ngoc Truong Son (Vietnam) 14 tahun 10 bulan
12. Fabiano Caruana (Italia) 14 tahun 11 bulan 10 hari
Wesley So menancapkan kukunya di percaturan dunia saat mengalahkan 131
pecatur dari 25 negara di Kejuaraan Catur Dubai Terbuka, 5-15 April
2008. Ia menyelesaikan 9 partai dengan poin 7. Setelah itu Wesley juga
kemudian meraih juara serupa di turnamen Sheikh Rashed Bin Hamdan Al
Maktoum Cup.
Kebetulan, saat mengikuti dua turnamen itu Wesley tengah menikmati libur
musim panas di sekolahnya selama dua bulan. Bagi teman-teman sebanyanya
di Filipina, libur musim panas adalah saat bergembira. Anak-anak
Filipina biasa menghabiskan waktu libur dengan berenang atau bermain
basket.
Namun tidak demikian bagi GM Wesley So (2.540). Sejumlah jadwal
pertandingan sudah menumpuk di depan mata. Tak terkecuali jadwal dwi
tarungnya dengan salah satu pecatur terkuat Indonesia, GM Susanto
Megaranto (2.561).
Dalam sebuah wawancara dengan koran lokal di Dubai, Wesley So menyatakan
kegembiraannya bisa menyabet gelar GM. Tapi setelah gelar itu tercapai,
Wesley kini memiliki satu tujuan baru: meraih gelar Super-GM.
Berikut tiga babak dwi tarung pertama antara GM Wesley So dan GM Susanto Megaranto di Japfa Chess 2008.
Ini ada notasi pertandingan Wesley S Vs Susanto Magaronto :
Wesley So (2540) – Susanto Megaranto (2561)
JAPFA Chess Festival 2008 Match Game 1 Jakarta, Indonesia (1), tanggal 17.04.2008
1.e4 c6 2.d4 d5 3.Nc3 dxe4 4.Nxe4 Bf5 5.Ng3 Bg6 6.h4 h6 7.Nf3 Nd7 8.h5
Bh7 9.Bd3 Bxd3 10.Qxd3 e6 11.Bf4 Qa5+ 12.Bd2 Qc7 13.0-0-0 Ngf6 14.Ne4
0-0-0 15.g3 Nxe4 16.Qxe4 Nf6 17.Qe2 Bd6 18.c4 c5 19.Bc3 cxd4 20.Nxd4 a6
21.Kb1 Rd7 22.Rc1 Qc5 23.Nb3 Qf5+ 24.Rc2 Bc7 25.Bxf6 gxf6 26.c5 Rd5
27.c6 b5 28.Qe3 Kd8 29.Qa7 Re8 30.Nc5 a5 31.Na6 Qe5 32.Rhc1 Qd6 33.Qa8+
Ke7 34.Qb7 Kd8 35.Rc5 Rxc5 36.Rxc5 f5 37.Rc2 Rg8 38.Nxc7 1-0.
Susanto Megaranto (2561) – Wesley So (2540)
JAPFA Chess Festival 2008 Match Game 2 Jakarta, Indonesia (2), tanggal 18.04.2008
1.e4 c5 2.Nf3 Nc6 3.Bb5 e6 4.0-0 Nge7 5.Re1 Nd4 6.Nxd4 cxd4 7.d3 a6
8.Ba4 Nc6 9.Bf4 Be7 10.Nd2 0-0 11.Bxc6 bxc6 12.e5 c5 13.Qg4 Kh8 14.Ne4
Bb7 15.Qh5 Qb6 16.b3 f6 17.f3 Bd5 18.exf6 gxf6 19.Ng3 Rg8 20.Nf5 Bf8
21.Qf7 Qd8 22.Kh1 Bc6 23.Ng3 Rg6 24.Ne4 e5 25.Bg3 Qe7 26.Qxe7 Bxe7
27.Bh4 Rag8 28.g4 Kg7 29.Bg3 Kf7 30.Rg1 R6g7 31.Raf1 d6 32.Rf2 h5 33.Kg2
hxg4 34.fxg4 Rxg4 35.Kf3 f5 36.Ke2 Ke6 0-1.
Wesley So (2540) – Susanto Megaranto (2561)
JAPFA Chess Festival 2008 Match Game 3 Jakarta, Indonisia (3), tanggal 18.04.2008
1.e4 d5 2.exd5 Qxd5 3.Nc3 Qa5 4.d4 c6 5.Nf3 Nf6 6.Bc4 Bf5 7.Bd2 e6 8.Nd5
Qd8 9.Nxf6+ gxf6 10.c3 Nd7 11.Nh4 Bg6 12.Qf3 Qc7 13.0-0 Bd6 14.g3 0-0-0
15.a4 f5 16.a5 a6 17.Rfe1 Nf6 18.Bg5 Be7 19.Ng2 Ne4 20.Bxe7 Qxe7 21.Nf4
e5 22.dxe5 Rd2 23.Re2 Rhd8 24.h4 h5 25.e6 Rxe2 26.Bxe2 Qf6 27.exf7 Bxf7
28.Qe3 Re8 29.Qa7 Rg8 30.Kh2 Rd8 31.Bd3 Nd2 32.Rd1 Ne4 33.Re1 Bd5
34.Re2 Qf7 35.f3 Nd6 36.Nxd5 Qxd5 37.Qe3 Qxa5 38.Qe5 Qxe5 39.Rxe5 b5
40.b4 Rf8 41.Re7 Rh8 42.Kg2 Rh6 43.Kf2 Kd8 44.Ra7 Kc8 45.Ke3 Re6+ 46.Kf4
Re1 47.Rxa6 Kb7 48.Ra2 Kb6 49.Rc2 c5 50.Bxf5 c4 51.Bg6 Kc6 52.Bxh5 Nc8
53.Bg6 Kd6 54.h5 Ne7 55.Be4 Rh1 56.g4 Ke6 57.Kg5 1-0.
Magnus Carlssen, sang pembabat Super Grand Master
Usianya baru 17 tahun. Tapi Magnus Carlsen terus memukau sebagai bintang baru di dunia catur.
http://blog.norway.com/wp-content/uploads/2009/05/carlsen04.jpg
Pada bulan Januari ia menempati peringkat pertama Corus Chess Tournament
di Belanda. Dan sekarang di kejuaraan super grand master (GM)
Morelia-Linares Chess Tournament 28 Februari-7 Maret 2008, Carlson
menduduki peringkat dua.
Tempat pertama masih diduduki juara dunia catur dari India, Viswanathan
Anand. Anand memimpin setelah 15 babak dengan 8,5 poin. Namun Magnus
Carlsen dari Norwegia berhasil mengalahkan super GM Vaslin Topalov dari
Bulgaria kemarin, sehingga memperoleh 8 poin atau cuma selisih 0,5 poin
dari sang juara dunia.
Selasa (4/1/2008) waktu setempat kemarin, Anand hanya bisa bermain draw
dengan Peter Leko dari Hungaria. Ini merupakan draw keempat Anand. Hal
ini menunjukkan Anand berusaha memenangkan turnamen ini secara aman dan
tanpa beresiko. Fakta itu tak mengejutkan. Sebab jika ia memenangkan
turnamen ini, sebuah turnamen paling bergensi tahun ini, langkahnya akan
lebih ringan bulan Oktober depan saat bertanding mempertahankan gelar
juara dunianya melawan Vladimir Kramnik.
Namun demikian Carlsen tak membuat tujuan Anand kali ini lebih mudah.
Sudah dua kali Carlsen menempel pimpinan turnamen dengan selisih 0,5
poin. Kemenangan atas Topalov itu merupakan kemenangan Carlsen kedua di
turnamen ini.
Carlsen sedikit “beruntung” saat mengalahkan Topalov. Ia menang mudah
setelah Toplaov melakukan blunder sehingga rajanya terjebak dalam sebuah
perangkap skak mat yang mudah. Namun hal ini juga memperlihatkan mental
pecatur belia ini semakin kuat dalam turnamen perang urat syaraf ini.
Untuk kedua kalinya di turnamen ini, Carlsen dapat bangkit dan
memenangkan partai setelah kalah sebelumnya. Di babak ke-7 ia juga
mengalahkan Levon Arovian dari Armenia setelah dikalahkan Teimour
Radjabov dari Azerbaijan di babak ke 6.
Melalui prestasinya kali ini, Magnus Carlsen sekarang sudah terlihat
sebagai pecatur ancaman bagi para super GM dunia manapun, tak terkecuali
Anand. Dengan hasil turnamen ini dan gelar juara di Corus awal tahun
ini, Carlsen akan menempati urutan lima besar pecatur top dunia.
Berikut ini momen saat Carlsen mengalahkan Topalov.
(Keterangan notasi K: King: raja, Q: Queen: ratu, N: Knights: kuda, B: Bishop: patih/gajah, R: Rooks: benteng, p: pawn: pion)
Putih: Magnus Carlsen (2733) – Hitam: V. Topalov, (2780)
XXV SuperGM Morelia/Linares MEX/ESP (babak ke 12), 4 Maret 2008
1.c4 e5 2.Nc3 Nf6 3.Nf3 Nc6 4.d3 d5 5.cxd5 Nxd5 6.e4 Nb6 7.Be2 Be7 8.0-0
0-0 9.a4 Be6 10.Be3 Nd7 11.d4 exd4 12.Nxd4 Nxd4 13.Qxd4 c6 14.a5 Nc5
15.Qe5 Nb3 16.Ra4 Bd6 17.Qh5 g6 18.Qh6 Be5 19.Bg5 Qc7 20.Be3 Nxa5 21.f4
Bg7 22.Qh4 Bb3 23.Rd4 Rad8 24.e5 Rxd4 25.Bxd4 c5 26.Be3 f6 27.Nb5 Qd8
28.f5 fxe5 29.Bg5 Qb6
Putih memiliki dua bidak yang berada di jantung pertahanan lawan. Magnus
Carlsen meneruskan serangannya: 30.f6 c4+ 31.Kh1 Qxb5 32.fxg7 Rxf1+
33.Bxf1
Hitam semestinya melakukan konsolidasi posisi melalui 33…Qd7 or …Qe8 (or
…Qd5). Tapi Topalov dapat memperoleh bidak ketiganya: 33…Kxg7?! 34.Bd8
Nc6?? Luar biasa, langkah ini mengarah pada skak mat. mengancam 38.Bh6#,
maka 37…Kg7 38.Qf6+ Kg8 39.Bh6 Disusul 40.Qg7 mati. 1-0.
Apa sih Elo Rating??
1) Peringkat FIDE adalah peringkat nilai elo rating pemain catur perorangan
2) Nilai Elo rating FIDE berdasar seluruh pertandingan yang dimainkan seumur hidupnya.
Peringkat FIDE direvisi setiap 6 bulan, nilai elo rating pemain catur
akan naik atau turun tergantung pada (a) Elo rating 6 bulan lalu dan
(b)Hasil pertandingan 6 bulan terakhir.
3) Setiap akan bertanding, maka pemain catur mempunyai resiko apakah elo ratingnya akan naik, tetap atau turun.
Tiga kemungkinan itu adalah (a)Elo rating BERTAMBAH, bila menang.
Bertambahnya elo rating akan semakin besar bila menang melawan pemain
yang elo ratingnya jauh lebih besar.(b) Elo rating TETAP, bila draw
menghadapi pemain yg elo ratingnya sama dan (c)Elo rating BERKURANG bila
kalah bertanding. Berkurangnya elo rating akan semakin besar bila kalah
melawan pemain yang elo ratingnya jauh lebih kecil.
4) Ini perhitungan Elo RAting yg cukup rumit :(kyk rumus fisika bin matematik neh)
Rumus nilai Elo rating pemain catur = Ea + delta E
dengan Ea = elo rating pemain 6 bulan lalu; Tp untuk pemain yang baru
masuk daftar rating, Elo rating awal dihitung berdasar rumus Eo = 25 x
(Pr x N) dan delta E = tambahan atau pengurangan elo rating berdasar
hasil pertandingan 6 bulan terakhir, dihitung berdasar rumus = K x N x
(P - Pr).
konstanta lainnya :
K = 25 untuk pemain yg baru masuk daftar rating kurang dari 3 tahun;
K=15 bila telah masuk daftar elo rating lebih dari 3 tahun dan elo
ratingnya kurang 2400; K=10 bila elo ratingnya lebih 2400
N = jumlah main selama suatu turnamen...
P = persentase point yang didapat dalam turnamen (point yg didapat
dibagi N; setiap menang point dihitung 1, draw = 0.5 dan kalah = 0)
Pr = point referensi yang harus didapat, agar elo rating pemain setelah
bertanding adalah tetap. Pr tergantung selisih antara elo rating pemain
tersebut dengan elo rating rata-rata lawan yg dihadapi dalam turnamen.
Kalo mo nyari nilai yg satu ini perlu tabel khusus yg di buat oleh
Professor Elo...hehe:piss:... (saya juga ga tau tabel yg aslinya coz
rahasia perusahaan kali ye??)
Ni contoh perhitungannya :
Contoh perhitungan
X adalah seorang pemain catur yang pada 1 Januari 2008 memiliki elo rating 2625
Antara 1 januari 2008 s/d 30 Juni 2008 hanya ikut dalam satu turnamen.
Main 10 kali : menang 5 kali , draw 4 kali dan kalah 1 kali. Elo rating
rata-rata lawan = 2553.
Maka P = jumlah point yang diraih dalam turnamen dibagi jumlah kali main = (5 x1 + 4 x 0.5 + 1 x 0)/10 = 0.7
Dilihat dari tabel yg dibuat oleh Prof ELO: untuk selisih elo rating
sendiri dengan elo rating rata-rata lawan = 2625 - 2553 = + 72
menghasilkan Pr = 0,6 (ini nilai hasil tabel yg jadi bumbu
rahasia...:piss:)
Maka delta E = 10 x (0.7 -0.6) x 10 = + 10
Maka elo rating pada 1 Juli 2008 = 2625 + 10 = 2635 (peringkat 48 dunia saat itu)
No comments:
Post a Comment